Tips dan Trik Menata Interior Rumah Mungil

Tips dan Trik Menata Interior Rumah Mungil

Tips dan trik menata interior rumah dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar atau kita sebut rumah mungil atau minimalis yaitu kebutuhan ruang dan aktivitasnya. Tiap-tiap penghuni mempunyai kebutuhan dan aktivitas berbeda-beda. Misalnya dalam kasus antara ruang tamu dan ruang keluarga ada penghuni yang lebih suka open space atau tanpa penyekat. Ada juga yangg kurang nyaman dengan kondisi terbuka dan harus ada penyekat (partisi). Untuk lebih lengkapnya kita bahas satu persatu. Yang perlu diperhatikan dalam menata rumah minimalis antara lain

  1. Kenali rumah kita terlebih dahulu

Dengan keterbatasan lahan dan ruang, berkreasi di sebuah rumah minimalis bukan sebuah tantangan yang mudah. Kita harus mengetahui elemen apa saja yang ingin ditempatkan ke dalam ruang di rumah minimalis. Jangan sampai malah membuatnya menjadi lebih sempit.

  1. Skala prioritas

Dalam skala prioritas harus lebih mementingkan aspek apa yang berguna dalam sebuah ruang di rumah minimalis. Dengan skala prioritas, kita harus memikirkan terlebih dulu aspek yang sesuai kebutuhan bukan sekadar keinginan. Misal jika kita menginginkan almari yang besar padahal ruang menjadi keterbatasan, lebih baik membutuhkan almari yang kecil sesuai fungsi yang digunakan.

  1. Furniture

Pemilihan volume besar kecilnya sofa diperhatikan jangan memakai furniture-furniture yang kesannya besar dan ‘ngejreng’ warna upholsterynya karena akan terkesan semakin mempersempit ruangan. Pilih furniture yang simpel ukurannya tidak terlalu besar dan pilih warna upholstery yang kalem. Kalaupun menginginkan ada motif pada sofa pilih motif yang simpel misal dengan garis-garis. Jika dengan ruangan yang kecil dan tidak memungkinkan membeli sofa atau furniture yang ada di pasaran, sebagai alternatifnya dengan membuat sofa dan furniture yang disesuaikan dengan ukuran dindingnya.mungkin Omah Alit bisa membantu.

  1. Warna

Sebisa mungkin untuk pemilihan warna jangan memakai warna-warna yang terlalu berani atau ‘ngejreng’. Pilih warna-warna kalem seperti salem, warna mutiara, putih gading, karena warna-warna terang bisa menambah ruangan tersebut terasa semakin sempit.

  1. Dinding

Tips dan trik menata rumah mungil selanjutnya adalah masalah dinding. Saran kami kepada Rekan alit, pakailah penambahan ornamen dalam dinding seperti cermin untuk memberikan kesan luas.  Untuk memberikan sedikit sentuhan yang menarik, pemakaian bingkai pada cermin bisa menjadi daya tarik tersendiri jika bingkai tersebut terdapat ukiran yang unik. Jika menginginkan desain bingkai dan pigura yang unik Omahalit bisa membantu dalam hal mendesainkan.

  1. Plafon atau ceiling

Untuk ini sebisa mungkin disarankan memakai plafon expuse, jadi kelihatan kerangka bagian atapnya, sehingga memberikan kesan tinggi dan sirkulasi angin dan udara tambah semakin sejuk. Tidak hanya memberikan kesan tinggi, plafon expuse juga menarik karena tidak semua rumah memakai gaya plafon seperti itu.

  1. Wallpaper

Jika ornament seperti ini ingin diterapkan, pilih warna dan motif yang kalem dan bermotif kecil-kecil, kalaupun menginginkan motif yang agak besar, saran Omahalit pilihan ini hanya untuk sebagian media saja untuk point of interest dalam sebuah hunian.

Kunci menata rumah mungil atau minimalis adalah bagaimana rumah tersebut dibuat menjadi nyaman dan tidak berantakan, karena dalam perkembangannya pun rumah minimalis akan berubah karena penambahan kebutuhan, anggota keluarga, dan aktivitasnya. Perlu di ingat dalam mendesain dan menata rumah minimalis adalah kenali rumah kita terlebih dahulu, mengetahui kebutuhan ruang, dan pilih skala prioritasnya.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Tips dan Trik Menata Interior Rumah Mungil, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: bit.ly/WAOmahalit atau melalui kontak.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.