Mengenal Kepopuleran Gaya Desain Interior Eklektik Untuk Hunian

Mengenal Kepopuleran Gaya Desain Interior Eklektik Untuk Hunian

Gaya desain eklektik memang terdengar sedikit asing bagi masyarakat umum di Indonesia, namun kenyataannya desain interior eklektik ini sangat populer di era abad ke-20. Estetika yang diciptakan dari percampuran beberapa gaya menjadi sebuah kesatuan yang utuh terlihat begitu unik. Gaya desain interior eklektik ini merupakan hasil kombinasi unsur-unsur historis yang menjadi elemen dasar sehingga memperlihatkan nuansa yang baru dengan mengutamakan faktor kebebasan ekspresi dari sang pemilik rumah.

Mengenal Karakteristik Desain Interior Eklektik

Gaya desain interior eklektik untuk hunian

Photo by Louis Hansel on Unsplash

Dalam desain interior dan arsitektur eklektik, kita dapat mengeksplorasi berbagai hal. Mulai dari struktur bangunan, pemilihan furniture, motif dekorasi, penerapan elemen etnik atau referensi gaya dari negara lain, hingga penggabungan elemen yang memiliki nuansa sejarah. Jika dilihat dari penampilan, gaya desain dan arsitektur eklektik ini cenderung didominasi oleh nuansa klasik seperti gaya Victorian dan Gothic.

Untuk karakter desain interior eklektik sendiri memang berasal dari perpaduan beberapa gaya menjadi sebuah tampilan yang indah. Meskipun demikian, penerapannya memerlukan proses yang cukup rumit agar bisa mendapatkan sebuah titik poin yang menonjol dan meminimalisir kesan berantakan. Jika merasa kesulitan, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada ahlinya yaitu jasa desain interior profesional. Selain membantu dalam proses pengerjaan, umumnya jasa desain interior profesional ini juga akan membimbing Anda dalam proses perencanaan anggaran sehingga tidak over-budget.

Sejatinya, proses penentuan focal point dari ruangan bergaya desain dan arsitektur eklektik ini terbagi dalam beberapa elemen yang bisa kamu gunakan. Contohnya membuat dinding dengan tekstur unik, meletakkan karya seni seperti lukisan, memajang foto dengan bingkai klasik, atau menggunakan ornamen-ornamen lain yang dapat menunjang penampilan gaya desain interior eklektik pada ruang dalam hunian Rekan Alit.

Penggunaan dekorasi yang penuh detail dan artistik begitu terasa dominan pada sebuah ruangan atau hunian yang mengusung gaya desain interior eklektik sebagai tema utamanya. Ruangan yang dihiasi oleh tirai dengan motif unik berukuran besar, perabotan-perabotan dengan ukiran yang khas, hingga pemilihan bantal sofa yang mewah dapat ditemukan dengan mudah pada hunian dengan arsitektur eklektik. Tidak hanya itu, gaya desain interior eklektik pun juga memanfaatkan pola-pola geometris seperti zig-zag, vertikal, horizontal atau bentuk lingkaran pada sejumlah elemen seperti karpet maupun sofa.

Memaksimalkan Fungsi Perabotan Pada Gaya Arsitektur Eklektik

Karakteristik Desain Interior Eklektik

Photo by @hashtaganika on Pinterest

Disamping berfokus pada keindahan, gaya arsitektur eklektik yang tercermin pada penggunaan perabotan rumah juga tidak lupa untuk memperhatikan peran dan fungsinya. Proses padu padan perabotan dari beberapa gaya seperti modern dan vintage dapat dipertimbangkan secara matang agar nantinya dapat berfungsi secara maksimal. Misalnya saja dengan meletakkan lemari antik yang berdampingan dengan kursi atau sofa bergaya modern. Faktor estetika terpenuhi, fungsi perabotan juga saling melengkapi.

Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan pemilihan warna pada dinding ruangan serta perabotan agar keseimbangan tampilan ruangan tetap terjaga meskipun ada kolaborasi dari beberapa gaya. Meskipun gaya desain interior eklektik ini dipenuhi oleh dekorasi dan perabotan yang bernilai seni, namun terdapat karakter khusus yang diterapkan pada bagian atap, dinding dan lantai.

Pada bagian lantai, biasanya gaya arsitektur eklektik akan memanfaatkan penggunaan material kayu solid, ubin atau jenis lantai parket yang dihiasi dengan karpet khas Turki atau India. Sementara pada bagian atap, hunian bergaya desain interior eklektik dapat memanfaatkan material semen yang dihias dengan lampu kristal atau lampu bergaya kontemporer. Dan untuk bagian dinding, umumnya gaya eklektik akan mengadopsi penggunaan wallpaper dengan motif dekoratif yang berwarna dinding cerah seperti coklat, putih atau krem.

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Desain Interior Profesional?

Gaya Desain dan Arsitektur Eklektik

Photo by The Nordroom on Pinterest

Dikarenakan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dapat menciptakan desain interior bergaya eklektik, maka kemungkinan besar Rekan Alit akan membutuhkan bantuan dari jasa desain interior profesional seperti Omahalit.

Selain membantu menghadirkan karakteristik desain interior eklektik, layanan jasa desain interior profesional juga dapat menjadi tempat berkonsultasi yang efektif. Mulai dari perencanaan biaya, pemilihan jenis dan warna furniture, pemilihan hiasan ruangan, pemilihan jenis lantai dan corak dinding, hingga pada hal paling mendasar yaitu kerangka arsitektur eklektik itu sendiri.

Sebagai penyedia jasa desain interior profesional, Omahalit telah memiliki ragam pengalaman dan portofolio yang dapat dijadikan sebagai referensi atau penilaian. Jika saat ini Rekan Alit tengah mencari jasa arsitektur yang dapat mewujudkan hunian dengan gaya desain interior eklektik, maka Omahalit adalah pilihan paling tepat. Segera klik disini untuk informasi dan penawaran selanjutnya.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.