Omahalit

Cara Merawat Lantai Epoxy Agar Awet dan Tetap Indah

OMAHALIT.COMLantai epoxy adalah jenis lantai yang terbuat dari resin epoxy yang dicampur dengan zat pengikat. Lantai epoxy biasanya dibuat dengan cara mencampur resin epoxy dan zat pengikat, kemudian diaplikasikan pada lantai yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Setelah diaplikasikan, lantai epoxy akan mengeras dan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan lantai biasa.

Beda Lantai Epoxy dan Lantai Keramik

Lantai epoxy dan lantai keramik adalah dua jenis lantai yang berbeda yang dapat digunakan dalam pembangunan atau renovasi rumah. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua jenis lantai tersebut:

1. Material

Lantai epoxy terbuat dari resin epoxy yang dicampur dengan zat pengikat, sedangkan lantai keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga menjadi keramik.

2. Tekstur

Lantai epoxy memiliki tekstur yang halus dan rata, sementara lantai keramik memiliki tekstur yang lebih kasar dan tidak rata.

3. Harga

Harga lantai epoxy biasanya lebih mahal daripada lantai keramik karena proses pembuatan yang lebih rumit dan bahan yang lebih mahal.

4. Ketahanan

Lantai epoxy lebih tahan lama dan tahan terhadap goresan dibandingkan dengan lantai keramik. Namun, lantai keramik lebih tahan terhadap panas dan lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan.

5. Desain

Lantai epoxy dapat dibuat dalam berbagai warna dan desain, sementara lantai keramik tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan desain.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Lantai Epoxy yang Harus Anda Tahu

Kedua jenis lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda serta budget yang tersedia. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum memutuskan jenis lantai yang akan Anda gunakan.

Tips Merawat Lantai Epoxy

Untuk merawat lantai epoxy, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Bersihkan lantai secara teratur

Anda bisa membersihkan lantai epoxy dengan menggunakan air dan sabun atau pembersih lantai khusus yang tidak mengandung asam. Jangan menggunakan bahan pembersih yang keras atau abrasif karena dapat merusak lantai epoxy.

2. Gunakan pelindung lantai

Anda bisa menggunakan pelindung lantai yang tersedia di toko home improvement untuk melindungi lantai epoxy dari goresan atau kerusakan.

3. Hindari pemakaian bahan kimia keras

Jangan menggunakan bahan kimia keras seperti thinner atau asam untuk membersihkan lantai epoxy karena dapat merusak lantai.

4. Jauhi panas tinggi

Jangan menempatkan benda panas langsung pada lantai epoxy karena dapat merusak lantai.

5. Lapisi lantai dengan lapisan pelindung

Anda bisa melapisi lantai epoxy dengan lapisan pelindung untuk melindungi lantai dari kerusakan dan memperpanjang umur pakai lantai.

BACA JUGA: Cara Simpel Mengecat Tembok Rumah Untuk Pemula tanpa Bantuan Tukang

Dengan melakukan langkah-langkah ini, lantai epoxy Anda akan terjaga keindahannya dan tahan lama. Selalu pastikan untuk membaca instruksi penggunaan dan perawatan yang disertakan dengan produk lantai epoxy yang Anda gunakan untuk mengetahui cara perawatan yang tepat.

Jika Anda masih bingung mengenai desain interior yang pas untuk rumah impian Anda, jangan segan untuk langsung berkonsultasi dengan menghubungi tim omahalit saja.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow